Membangun Budaya Kerja dan Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan bagi Karyawan BUMDes

BUMDES merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. Peran BUMDES sebagai lembaga sosial yang berpihak pada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal ke pasar. Pendirian BUMDES didasari oleh UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa dalam Pasal 87. Berdasarkan pemetaan potensi dan permasalahan terdapat isu-isu lingkungan strategis pembangunan perdesaan, daerah tertinggal dan transmigrasi dari aspek ekonomi dan investasi tahun 2020-2024 dinyatakan bahwa pada tahun 2019 Bumdes masih kurang berkembang. Keberhasilan suatu usaha ditentukan oleh karakteristik sikap dan perilaku para wirausaha. Kelemahan BUMDES saat ini adalah pada sumber daya manusia yang dimiliki dan jiwa kewirausahaan yang masih rendah, sehingga diperlukan peran Akademisi/Perguruan Tinggi sebagai salah satu elemen Penta-helix untuk mendampingi BUMDES dalam berproses. Adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan jembatan bagi BUMDES dan Perguruan Tinggi dalam upaya-upaya membantu pengembangan desa dan usaha desa melalui BUMDES. Menjembatani antara BUMDES dengan Perguruan Tinggi diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRAM melalui program Kades Masuk Kampus sebagai upaya knowledge sharing untuk mencapai desa unggul yang tertuang dalam 18 indikator SDGs. Bapak Dekan FEB Unram Dr. Muaidy Yasin, MS membuka rangkaian acara Kades Masuk Kampus dengan Narasumber Peneliti dan Pengabdi dari FEB Unram Bapak Dr. Lalu Suparman, MM dan Direktur PT. Gerbang NTB Emas (GNE) Bapak Samsul Hadi, MM yang dimoderatori oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Lalu Edy Herman Mulyono, SE.,, MM yang dihadiri oleh 100 Kepala Desa, Direktur BUMDES, Komunitas LABAKI dan beberapa dosen dari FEB Universitas Mataram dan STIKES Yarsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *