SISTEM DAN PROGRAM PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM

  1. Sistem pendidikan
    1. Pengertian
      1. Pendidikan dilaksanakan dengan sistem kredit semester
      2. Sistem kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan dalam kredit atau satuan kredit.
      3. Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu jenjang program pendidikan yang dilaksanakan. Satuan waktu kegiatan akademik berlangsung antara 16 minggu tatap muka ditambah 1 minggu tenang dan 4 minggu ujian dan evaluasi.
      4. Setiap tahun akademik dibagi atas 2 semester yaitu semester gasal dan semester genap.
      5. Satu satuan kredit semester (1 SKS) untuk perkuliahan ditentukan atas dasar beban kegiatan yang meliputi 3 macam acara per minggu :
        1. Untuk Mahasiswa :
          • 50 menit kegiatan tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar dalam bentuk kuliah;
          • 60 menit kegiatan akademik terstruktur dan tak terjadwal, tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk pemberian tugas, penyelesaian soal/pekerjaan rumah, resensi buku/pustaka;
          • 60 menit kegiatan mandiri untuk mendalami mempersiapkan tugas akademik misalnya membaca buku referensi.
        2. Untuk Tenaga Pengajar :
          • 50 menit kegiatan tatap muka terjadwal dengan mahasiswa;
          • 60 menit kegiatan perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstruktur;
          • 60 menit pengembangan materi kuliah.
      6. Satu satuan kredit semester (1 SKS) bagi praktikum, kerja lapangan, seminar, penelitian dan lain-lain adalah usaha akdemik yang bersifat fisik atau pshikomotor selama 4 - 5 jam/minggu/semester atau usaha/kegiatan/semester atau usaha/kegiatan fisik atau phsikomotor selama 64 - 85 jam/semester.
    2. Ciri-Ciri Sistem Kredit Semester Sistem Kredit semester mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
      1. Mahasiswa diberi kesempatan menentukan kecepatan penyelesaian suatu program yang ditempuhnya.
      2. Kepada mahasiswa ditawarkan program pendidikan akademik sesuai dengan kurikulum di bawah bimbingan seorang Perwalian Akademik (PA).
    3. Tujuan Sistem Kredit Semester
      1. Tujuan umumnya adalah untuk menjadikan program pendidikan yang bervariasi dengan memberikan kemungkinan lebih luas kepada mahasiswa untuk memilih program menuju suatu macam jenjang profesi tertentu sesuai dengan minat dan kemampuannya.
      2. Tujuan Khusus:
        1. Untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang cakap dan giat belajar agar dapat menyelesaikan studinya dalam waktu yang lebih cepat.
        2. Untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengambil mata kuliah yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan Intelektual.
        3. Untuk mempermudah penyesuaian kurikulum dari waktu ke waktu sejalan dengan pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi.
        4. Untuk memberikan kemungkinan pengalihan atau transfer kredit dalam batas-batas tertentu.
        5. Untuk memungkinkan perpindahan mahasiswa dari suatu perguruan tinggi ke perguruan tinggi lainnya dengan lebih mudah (khusus mengenai perpindahan ini diatur dalam peraturan tersendiri).
    4. Administrasi Akademik
      1. Administrasi akademik adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa, Dosen Pembimbing Akademik dan Sub Bagian Akademik pada semester tertentu agar pelaksanaan sistem kredit semester dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen pembimbing akademik, dan sub bagian akademik berupa pendokumentasian kelengkapan akademik berupa:
        1. Kartu Rencana Studi (KRS)
        2. Kartu Hasil Studi (KHS)
        3. Kartu Perkembangan Studi (KPS)
        4. Kartu Perubahan (Pembatalan atau Penggantian) Rencana Studi
      2. Kartu Rencana Studi (KRS) merupakan Kartu yang menunjukkan rencana studi mahasiswa tiap semester yang diisi (direncanakan) oleh mahasiswa kemudian disyahkan oleh dosen pembimbing akademik dan diadministrasikan oleh sub bagian akademik. Meskipun KHS belum keluar mahasiswa diperkenankan memprogramkan mata kuliah maksimal 12 SKS sesuai dengan kalender akademik dan setelah KHS keluar mahasiswa diperkenan-kan mengadakan perubahan sesuai dengan pasal 30 ayat 3. Kartu Rencana Studi (KRS) didokumentasikan oleh masing-masing pihak disesuaikan dengan warna yang telah ditentukan yaitu :
        1. Warna Putih untuk mahasiswa
        2. Warna Hijau untuk dosen pembimbing akademik
        3. Warna Biru untuk sub bag akademik
        4. Warna Kuning untuk Database
      3. Kartu Hasil Studi ( KHS) merupakan dokumentasi akademik yang menginformasikan seluruh hasil rekaman kegiatan proses belajar mahasiswa pada semester tertentu yang mencakup jumlah mata kuliah yang diambil, jumlah SKS, nilai masing-masing mata kuliah, indeks prestasi semester, indeks prestasi kumulatif dan jumlah SKS yang diambil pada semester berikutnya.
      4. Kartu Perkembangan Studi (KPS) menunjukkan perkembangan studi mahasiswa yang diisi oleh mahasiwa berdasarkan Kartu Hasil Studi (KHS) sebelumnya yang disahkan oleh dosen penasehat akademik dan disimpan di Sub bagian akademik.
      5. Kartu Perubahan (pembatalan atau pergantian) rencana studi diisi oleh mahasiswa rangkap tiga jika ia bermaksud untuk mengadakan perubahan (pembatalan atau penggantian) dari rencana studi yang telah disahkan oleh dosen PA. Kartu ini setelah ditandatangani oleh dosen PA dikirim ke sub bagian akademik 1 lembar, disimpan oleh dosen PA 1 lembar dan disimpan oleh mahasiswa yang bersangkutan 1 lembar. Penggantian atau pembatalan KRS hanya diperkenankan atas persetujuan dosen PA sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, dan mata kuliah yang dibatalkan atau diganti tersebut dianggap tidak diambil atau diprogramkan oleh mahasiswa yang bersangkutan.
      6. Pengisian KRS dilakukan secara manual dan online.
  2. Program Pendidikan

    Program pendidikan yang diselenggarakan terdiri dari Program Sarjana Strata Satu (S1) Ilmu Ekonomi yang meliputi Program Studi: Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi. Kurikulum program sarjana ilmu ekonomi, meliputi sebagai berikut (Kepmen 232/U/2000) :

    1. Kelompok MPK yang terdiri atas mata kuliah yang relevan dengan tujuan pengayaan wawasan, pendalaman intensitas pemahaman dan penghayatan MPK inti;
    2. Kelompok MKK yang terdiri atas mata kuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi bersangkutan.
    3. Kelompok MKB yang terdiri atas mata kuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian dalam berkarya di masyarakat sesuai dengan keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi bersangkutan;
    4. Kelompok MPB yang terdiri atas mata kuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan perilaku berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masyarakat untuk setiap program studi;
    5. Kelompok MBB yang terdiri atas mata kuliah yang relevan dengan upaya pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam berkehidupan di masyarakat baik secara nasional maupun global, yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya.

SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM

  1. Penerimaan dan Pendaftaran Mahasiswa
    Penerimaan Mahasiswa Baru,
    Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui:
    1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),
    2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan
    3. Jalur Mandiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    Khusus untuk Program Studi Manajemen Non Reguler, Program Studi Akuntansi Non Reguler dan Program Studi Diploma III penerimaan mahasiswa baru hanya melalui Jalur Mandiri.
  2. Syarat dan Prosedur Pendaftaran