Scroll to Top
Sejarah Singkat

 

Pada tanggal 17 Nopember 1963, atas permintaan Gubernur KDH Propinsi NTB R. Ar. Moh. Ruslan Cakraningrat, Yayasan Pendidikan Sangkareang membuka sebuah fakultas baru di samping Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat yang telah ada, yaitu Fakultas Ekonomi, sebagai persiapan untuk dijadikan fakultas negeri. Fakultas Ekonomi Sangkareang ini pertama kali memiliki 85 orang mahasiswa. Kemudian pada tangga 19 Desember 1963 Fakultas Ekonomi Sangkareang ini diresmikan oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Prof.Dr.Ir. Toyib Hadiwijaya menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, sehingga lahirlah Universitas Negeri Mataram atau Universitas Mataram. Fakultas Ekonomi adalah satu-satunya Fakultas di Universitas Mataram sampai dengan tahun 1966. Sejak 1 Januari 1967 dibuka Fakultas Pertanian, dan disusul oleh perubahan status Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Sangkareang menjadi Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Perkuliahan pertama Fakultas Ekonomi berlangsung di Balai Kambang di tengah-tengah kolam Taman Mayura. Pada tahun kedua, perkuliahan mahasiswa tingkat satu berlangsung di gedung UNRAM di Karang Jangkong, dan perkuliahan mahasiswa tingkat II tetap berlangsung di Balai Kambang. Sejak tahun 1969, setelah dirampungkannya pembangunan gedung Fakultas Ekonomi di dalam kampus UNRAM di Jalan Pendidikan, seluruh kegiatan akademik dan administrasi dipindahkan ke gedung tersebut.

Selama perkembangannya Fakultas Ekonomi Unram pada tahun 1997 memperoleh tambahan pembangunan gedung kampus baru yang berlokasi di jalan Majapahit 62 Mataram dan telah diresmikan pembangunannya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu Bapak Dr. Wardiman Djojonegoro yang diserahkan langsung ke Fakultas untuk digunakan sebagaimana mestinya. Mulai sejak itulah seluruh kegiatan administrasi dan pelayanan akademik dipusatkan digedung yang baru.

Sampai saat ini Fakultas Ekonomi UNRAM telah menunjukkan perkembangan yang positif, baik secara fisik maupun jumlah program studi yang dibina. Pada tahun 2015 jumlah program studi yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Mataram sebanyak 9 program studi yang meliputi program studi pada jenjang pendidikan Strata Satu (S1) dan pendidikan profesional jenjang Diploma Tiga (D3) serta Program Strata Dua (S2).

Jenjang pendidikan Starta Satu (S1) terdapat Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Selain itu terdapat juga Program Studi Manajemen Non Reguler yang diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor : 15/DIKTI/Kep/1997, tanggal 17 Januari 1997 dan Program Studi Akuntansi Non Reguler yang diselenggarakan berdasarkan Sk Rektor No. : 1866/UN18/HK.00.01/2012.

Jenjang Diploma Tiga (D3) Perpajakan dan D3 Akuntansi yang dibuka sesuai SK Rektor Nomor : 3831/J18.H/KH.01.11/1997, tanggal 6 Mei 1997 selanjutnya mendapatkan Izin penyelenggaraan dari Dirjen DIKTI dengan Surat Keputusan Nomor : 146/DIKTI/Kep./2000, tanggal 12 Mei Tahun 2000. Adapun Program lainnya adalah Diploma Tiga (D3) Pariwisata yang diselenggarakan sesuai SK. Dirjen DIKTI Nomor : 2612/D/T/2001, tanggal 6 Agustus 2001 dengan 2 konsentrasi antara lain : Hotel dan Restoran (HR), dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Selanjutnya pada jenjang Strata Dua (S2) diselenggarakan Program Magister Manajemen (MM) berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor : 153/DIKTI/Kep/1999, tanggal 19 April 1999,  Program Magister Akuntansi berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor 470/D/T/2009, tanggal 6 April 2009, dan Program Magister Ilmu Ekonomi yang telah mendapat izin penyelenggaraan berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 1153/D/T/2009 tanggal 15 Juli 2009.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

I. STRUKTUR ORGANISASI

STRUKTUR FEB UNRAM

II. SUMBER DAYA MANUSIA

SDM FEB UNRAMIII. TENAGA PENGAJAR by PROGRAM STUDI

DOSENFEB UNRAM

IV. TENAGA PENGAJAR By JABATAN

dosen by jabatan

V. TENAGA ADMINISTRASI

administrasi