Perpustakaan

Pembangunan Nasional pada hakekatnya adalah Pembangunan Manusia indonesia seutuhnya sebagai pengamalan pancasila meliputi pembangunan materiil, Spritual dari segala segi. Upaya membangun manusia seutuhnya melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi keilmuan yang tentunya dibutuhkan pusat informasi yang tidak lain adalah Perpustakaan. Perpustakaan di Indonesia menjadi wahana bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyediaan bahan informasi, sumber bacaan sebagai pembelajaran seumur hidup buku atau bahan pustaka dalam arti luas dan kegiatan membaca merupakan titik tolak perhatian kegiatan perpustakaan.
Buku atau bahan pustaka lainnya adalah bagian dari upaya mengelola rekaman pengetahuan dalam arti luas sebagai “ Isi Budaya “ suatu bangsa . Isi Budaya adalah segala yang di hasilkan oleh sistem budaya oleh karena itu rekaman pengetahuan termasuk di dalamnya. Di satu sisi membaca adalah suatu kegiatan yang sangatlah penting dalam rangka memahami, ikut memiliki, ikut mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan indonesia, Perpustakaan menjadi wahana mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyediaan sumber bacaan dan sumber informasi secara terbuka bagi semua anggota masyarakat khususnya civitas akademika Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mataram.

Secara Filosofi, Bahan pustaka atau sumber informasi yang di kelola perpustakaan merupakan rekaman ingatan pengetahuan masyarakat , perpustakaan sebagai koleksi bahan pustaka merupakan institusi social yang melestarikan dan mewariskan ingatan dan pengetahunan masyarakat dari generasi ke generasi secara demokratis berkat adanya perpustakaan hasil perkembangan pengetahuan dan kemajuan peradaban manusia dari masa ke masa dapat di pelajari, di mengerti, dimiliki dan dimanfaatkan dari generasi kegenerasi oleh sebab itu sesuai dengan hakekat dan esensinya, perpustakaan sebagai institusi pengelola informasi akan terus eksis dan berkembang demikian halnya dengan Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis, demi memenuhi Tuntunan kebutuhan informasi yang semakin komplek dan bervariasi sejalan dengan semakin meningkatnya permasalahan kehidupan dan pembangunan bangsa dan negara, baik pada tatanan local, nasional, regional, maupun internasional yang menuntut kualitas intelektual yang tinggi.
Kalau kita berbicara mengenai informasi tidak terlepas dari perpustakaan di mana informasi yang dibutuhkan masyarakat intelektual sangatlah beragam dalam hal ini perpustakaan di tuntut untuk siap memberikan pelayanan yang maksimal atau sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa perpustakaan.
Image yang menganggap perpustakaan hanya terbatas sebagai tempat penyimpanan buku-buku yang sifatnya umum atau konvensional tidak selamanya benar, perpustakaan di zaman ini semakin berbenah diri dan berkembang, baik dari segi karyawan sebagai pengelola maupun dalam penelusuran informasi. Hal ini tentunya akan menyangkut bentuk koleksi antara lain : Text Book, CD, Micro disk, Jurnal, dan sebagainya yang tentunya di dukung oleh internet hal tersebut memberikan kemungkinan bagi setiap orang untuk mengakses informasi melalui Cyber Library yang memerlukan waktu lebih cepat maka dapat di bayangkan bahwa perpustakaan berada dalam simpul jaringan elektronik yang mampu memuat beragam informasi yang tanpa batas jarak, ruang maupun waktu.
Berdasarkan hal tersebut di atas perpustakaan akan lebih mengedepankan sumber daya manusia karena sumber daya manusialah yang paling berperan dalam pengembangan perpustakaan. Sumber daya manusia merupakan titik awal dalam pengembangan perpustakaan , Sumber daya tersebut adalah : Manajemen, Manusia, Teknologi, dan koleksi, ke empat sumber daya tersebut haruslah dapat terintegrasi sehingga dapat di gunakan untuk peningkatan dalam melayani pengguna jasa perpustakaan.
Peran Pustakawan akan memberikan warna tersendiri terhadap perpustakaan karena pustakawan berperan menata sumber informasi, menyusun data base actual dan up to date..


Ruang Lingkup dalam Laporan Tahunan Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mataram adalah sebagai berikut :

  1. Koleksi bahan pustaka Perpustakaan
  2. Data Thesis, Skripsi, Laporan PKL, Karya Tulis Ilmiah, periode 2015-2016
  3. Data Anggota Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mataram
  4. Data Pengunjung Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mataram
  5. Data pengguna Layanan koleksi khusus ( Thesis, Skripsi, Laporan PKL, Karya Tulis Ilmiah, Majalah terbitan berkala, Buku refrensi dan jurnal ) Periode 2015-2016

Adapun Sistem Pelayanan Perpustakaan Fakultas Ekonomi & Bisnis di bagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

  1. Sirkulasi (Buku)
  2. Koleksi Khusus (Thesis, Skripsi, Laporan PKL, Karya Tulis Ilmiah, Majalah terbitan berkala, Buku refrensi dan jurnal)
  3. Jasa Penelusuran Informasi
  4. Bimbingan bagi pengguna Jasa Perpustakaan
  5. Refrensi
  6. Administrasi Perpustakaan
  7. Keanggotaan
HARI JAM BUKA JAM TUTUP
Senin s / d kamis 07.40 13.30 Wita
Jum?at 08.00 10.30 Wita
Sabtu 07.40 12.00 Wita