PENJAMIN MUTU


Dalam rangka meningkat kualitas mutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram membentuk Gugus dan Unit Penjamin Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram untuk melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan berbagai program dan kegiatan pembelajaran di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Evaluasi dilaksanakan oleh Gugus penjamin mutu fakultas dibantu oleh unit penjamin mutu masing-masing jurusan dan program studi yang ada di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Gugus dan Unit Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram melaksanakan beberapa kegiatan antara lain:

  • Penyusunan instrumen evaluasi
  • Penyusunan POB
  • Evaluasi pembelajaran
  • Evaluasi penelitian
  • Evaluasi pengabdian pada masyarakat
  • Evaluasi pembimbingan tugas akhir

Evaluasi kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menilai ketersediaan silabus, kehadiran dosen dalam perkuliahan, kinerja dosen dalam perkuliahan serta kepatuhan dosen dalam penyerahan nilai ujian. Evaluasi juga dilakukan pada proses perkuliahan dengan menilai kesiapan ruang kuliah dalam hal kebersihan ruang dan ketersediaan peralatan penunjang perkuliahan serta kenyamanan ruang kuliah. Evaluasi kegiatan penelitian dosen FEB Unram tiap tahunnya dilakukan dengan melihat rasio jumlah dosen yang terlibat dalam penelitian. Evaluasi yang sama juga dilakukan untuk menilai kegiatan pengabdian pada masyarakat dosen FEB Unram tiap tahunnya, yaitu dengan melihat rasio jumlah dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat. Rasio yang diharapkan adalah minimal setiap dosen terlibat dalam satu kegiatan penelitian dan satu kegiatan pengabdian dalam satu tahun. Selain itu evaluasi pembimbingan tugas akhir dilaksanakan dengan melihat kinerja dosen pembimbing skripsi. Kegiatan penjaminan mutu di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram juga melibatkan mahasiswa sebagai bagian dari pemangku kepentingan fakultas. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penjaminan mutu di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis diantaranya adalah dengan memberikan penilaian atas kinerja dosen dalam perkuliahan dan pembimbingan tugas akhir. Penilaian dilakukan dengan memberikan kuesioner baik secara manual maupun melalui Google Form agar diperoleh penilaian yang lebih representatif dari para mahasiswa.

Hasil evaluasi yang dilakukan diharapkan dapat memberikan gambaran umum kondisi yang ada di  FEB. Unram, sehingga dapat menjadi salah satu bahan masukan bagi pimpinan dan seluruh komponen yang ada dalam mengambil langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pelayanan dimasa yang akan datang.

Tautan

  1. Kuesioner Kinerja Dosen Jurusan Akuntansi dalam Perkuliahan
  2. Mutu Pembimbingan Skripsi Jurusan Akuntansi