Kegiatan Training Legislatif Mahasiswa

DPM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM
PROFIL KEGIATAN TRAINING LEGISLATIF MAHASISWA
MENCETAK LEGISLATOR MUDA YANG AMANAH & BERPRESTASI.”
10 JUNI 2018

 
  1. Nama dan Tema Kegiatan Kegiatan ini merupakan kegiatan internaldaneksternal DPM FEB UNRAM. Kegiatan ini bernamaTraining Legislatif Mahasiswa dengan tema “Mencetak Legislator Muda yang Amanah & Berprestasi.”
  2. Waktu dan Tempat Kegiatan Adapun waktu dan tempat terlaksana kegiatan Training Legislatif Mahasiswa dengan tema “Mencetak Legislator Muda yang Amanah & Berprestasi.” Yakni pada hari Minggu, 10 Juni 2018 pada pukul 08.30 s/d 13.00 WITA di Gedung Ruang Sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram.
  3. Jumlah Peserta Jumlah peserta riil yang mengikuti kegiatan adalah 37 orang yang berasal dari anggota/pengurus DPM FEB UNRAM serta anggota DPMU&F se UniversitasMataram.
  4. Pembicara Kegiatan Pembicara dalam kegiatan Training Legislatif Mahasiswa ini sebagai berikut: 1) Minollah, SH., MH. Membawakan tema Trias Politica – Tupoksi dan Kedudukan Lembaga Legislatif di Indonesia dan Mekanisme Pengawasan Lembaga Legislatif terhadap Lembaga Eksekutif di Indonesia, 2) H. Sofwan.SH., M. Hum. Membawakan tema Legal Drafting, dan 3) Abd. Ghafur, SE dengan tema Student States
  5. Hasil Kegiatan Adapun untuk hasil kegiatan Training Legislatif Mahasiswa dengan tema “Mencetak Legislator Muda yang Amanah&Berprestasi.” didapatkan hasil sebagai berikut:
    • Adanya peningkatan pemahaman peserta kegiatan mengenai tugas, fungsi, serta hak dan kewajibannya sebagai anggota DPM .Artinya, dengan adanya kegiatan ini pemahaman dan profesionalisme anggota dapat meningkat sehingga dapat mempermudah mereka dalam melaksanakan tugas, fungsi, serta hak dan kewajibannya yang pada gilirannya dapat memperlancar pencapaian tujuan DPM FEB UNRAM.
    • Pemahaman mengenai sistem tata kelola yang baik (good governance) dalam tubuh DPM. Artinya, dengan meningkatnya profesionalisme anggota maka diharapkan dapat terwujudnya sistem tata kelola yang baik (good governance) dalam tubuh DPM yang pada gilirannya diharapkan mampu mempermudah pencapaian tujuan DPM FEB UNRAM.
    • Peningkatan pemahaman dan kesadaran peserta akan pentingnya eksistensi lembaga legisltatif dalam sistem pemerintahan Indonesia. Artinya, dengan adanya kegiatan ini pemahaman dan kesadaran para peserta kegiatan Training Legislatif Mahasiswa akan pentingnya eksistensi lembaga legisltatif dalam sistem pemerintahan Indonesia.
training-legislatif-mahsiswa1

Penyampain Materi dan Sesi Diskusi

training-legislatif-mahsiswa2

Foto Bersama Ketua Panitia, BEM, DPM, WD 3 FEB, dan Pembicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *