Scroll to Top
FORUM RISET EKONOMI DAN KEUANGAN SYARIAH (FREKS) XV 6-8 SEPTEMBER 2016
Posted by Admin FE on 3rd October 2016
| 632 views

OJK bekerja sama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Universitas Mataram yang ditunjuk sebagai host university berinisiatif menyelenggarakan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) XV. FREKS XV dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 September 2016 bertempat di Kampus Universitas Mataram, NTB dengan tema “Mengangkat Keunikan Keuangan Syariah dalam Era Persaingan Industri Jasa Keuangan yang Semakin Ketat”. Kegiatan FREKS XV ini dihadiri oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Nelson Tampubolon, Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, selaku Ketua Umum IAEI dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi. Hadir sebagai perwakilan Rektor Universitas Mataram yaitu Wakil Rektor I Bidang Akademik Bapak Prof. Dr. Ir. Lalu Wirasapta Karyadi, MP. FREKS merupakan program tahunan yang diselenggarakan OJK. Sebelumnya FREKS berlangsung di IPB Bogor pada 2014, di UI Depok pada April 2015 dan Universitas Brawijaya Malang pada Nopember 2015. Selanjutnya pada Juni 2016 berlangsung di IAIN Imam Bonjol Padang, dan September di Universitas Mataram, NTB.

Rangkaian kegiatan FREKS XV terdiri dari 5 (lima) agenda. Kegiatan hari pertama berlangsung sehari penuh di Auditorium M. Yusuf Abubakar Universitas Mataram. Rangkaian acara pembukaan dilanjutkan dengan Prominent Scholar Lecture on Islamic Finance yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mohamad Akram Laldin, Executive Director The International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance (ISRA) Malaysia dan Forum Bersama yang dihadiri perwakilan perguruan tinggi yang memiliki program studi/jurusan Ekonomi dan Keuangan Syariah. Forum bersama ini diisi oleh Dr. Abdul Wahid Maktub, Staf Khusus Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Dr. Akhmad Affandi Mahfudz yang mewakili ISRA serta Prof. Dr. Ahmad Rodoni yang merupakan Ketua Program Doktor Perbankan Syariah UIN Syarif Hidayatullah. Acara forum bersama ini dipandu oleh Ibu Munifah Syanwani, M.Si, Sekretaris Jenderal IAEI.

Rangkaian acara FREKS XV hari kedua pada hari Rabu tanggal 7 September 2016 yang bertempat di Gedung Magister Manajemen Universitas Mataram dilanjutkan dengan Presentasi Finalis Call for Paper di depan dewan juri. Presentasi finalis call for paper ini diawali dengan kompetisi yang telah selesai dilaksanakan dan berhasil mengumpulkan 182 paper. Paper yang masuk tersebut kemudian diseleksi oleh reviewer dan dewan juri menjadi 8 paper yang terdiri dari 6 paper peneliti muda dan 2 paper peneliti madya. Dewan juri berjumlah 10 orang terdiri dari perwakilan OJK, IAEI, praktisi dan akademisi. Turut mewakili FEB Universitas Mataram sebagai dewan juri call for paper adalah Prof. Dr. Hj. Titiek Herwanti, Dr. Taufik Chaidir, dan Dr. Akhmad Jufri. Selain presentasi finalis call for paper, rangkaian kegiatan FREKS XV juga diisi dengan presentasi Invited Research Paper. Empat pemakalah Invited Research Paper tersebut antara lain Dr Ir Imam Teguh Saptono MM dan Dr Ir Roikhan MA MM dari IAEI, Dr. H. Busaini M.Si dari FEB Universitas Mataram, dan Dr Abdul Hakim SE M.Sc dari OJK.

Pengumuman pemenang dilaksanakan oleh Ketua Dewan Juri Bapak Dwiyanto dari OJK setelah sesi presentasi berakhir sebagai rangkaian dari acara penutupan. Pemenang kompetisi memperoleh bantuan Rp25 juta untuk peneliti madya dan Rp15 juta untuk peneliti muda. Pemenang kategori madya diperoleh Rinayanti Rassyad dari Universitas Lancang Kuning, sedangkan tiga pemenang kategori muda diperoleh Diva Azka Karimah STIE Islam Tazkia, Hasan Azzahid dan Siti Rifa’tul Adawiyah dari IPB serta Endiarjati Dewandaru Sadono dan Haydar Hanif Fatahillah dari UGM. Penutupan acara dilakukan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Bapak Dr. Muaedy Yasin, MS dan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Bapak Mulya E. Siregar setelah pembacaan komunike dan rekomendasi FREKS XV oleh Sekjen IAEI Ibu Munifah Syanwani, M.Si. Pada hari ketiga acara FREKS XV dilanjutkan dengan Workshop Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) yang diisi dengan workshop Metodologi Riset dan Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah Keuangan Syariah.