Scroll to Top
MASA ORIENTASI MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2016
Posted by Admin FE on 15th September 2016
| 707 views

ospek-2Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram tahun ini telah melaksanakan orientasi mahasiswa baru pada tanggal 23-24 Agustus 2016. Pelaksanaan masa orientasi mahasiswa baru ini dilaksanakan di Auditorium M. Yusuf Abubakar dan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Orientasi mahasiswa baru diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dari semua jurusan dan semua program studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram.

Masa orientasi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram semakin berkualitas dan jauh dari kegiatan perploncoan fisik. Rangkaian kegiatan masa orientasi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram diisi dengan pembukaan oleh Dekan FEB Bapak Dr. Muaedy Yasin, MS yang sekaligus mengisi acara dengan membawakan materi mengenai pengenalan lembaga fakultas ekonomi secara umum. Acara juga diisi oleh Wakil Dekan I Bapak Dr. H. Sahri, MS yang memberikan materi mengenai pengenalan akademik di FEB Universitas Mataram. Selain itu di hari pertama diisi juga oleh materi budaya perguruan tinggi dan kehidupan kampus serta pengenalan jurusan/prodi dan HMJ masing-masing jurusan. Acara tidak hanya diisi dengan materi, tetapi juga diselingi dengan permainan dan senam bersama.

ospek-1Hari kedua masa orientasi diisi oleh materi pengenalan sarana dan prasarana kampus yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Bapak Dr. H Busaini, M.Si, serta pengenalan kemahasiswaan dan alumni oleh Wakil Dekan III Bapak Drs. Sarifudin Serip, MM. Selain materi mengenai pengenalan FEB Universitas Mataram, materi lain seperti bela Negara, kesiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi, bahaya narkoba, motivasi dan kiat sukses belajar dan berprestasi juga disampaikan. Para mahasiswa baru juga diperkenalkan kepada organisasi kemahasiswaan yang ada di FEB Universitas Mataram serta materi mengenai pengelolaan waktu, kode etik mahasiswa serta sosialisasi YOMA. Diharapkan melalui kegiatan orientasi ini mahasiswa baru mampu beradaptasi lebih cepat dengan keluarga besar civitas akademika sehingga proses adaptasi kehidupan akademik di perguruan tinggi segera tercapai, dan mahasiswa baru lebih siap untuk mengikuti proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis otonomi keilmuan serta segera dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.
Rangkaian masa orientasi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram ditutup dengan acara bazaar yang dilaksanakan pada hari Sabtu 27 Agustus 2016 bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Kegiatan bazaar ini sebelumnya dimulai dengan upacara penutupan oleh Dekan FEB Universitas Mataram dan dilanjutkan dengan gerak jalan santai para mahasiswa baru dimulai dari Program studi Diploma Akuntansi & Pajak Kampus Unram jalan Pendidikan dan berakhir di kampus baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Bazaar diisi dengan kegiatan permainan dan menyanyi bersama mahasiswa baru dipandu oleh Bapak Drs. Sarifudin Serip, MM selaku Ketua Panitia Orientasi Maba Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram tahun 2016 dan Ibu Rahmi Sri Ramadhani, SE., M.Si selaku panitia acara. Melalui serangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus, baik lingkungan fisik maupun lingkungan budaya yang berhubungan langsung dengan mahasiswa, sehingga nantinya mereka dapat mengemban tugas masa depan untuk menciptakan masyarakat yang sistematis, rasional, konseptual dan beradab.