Scroll to Top
SOSIALISASI “MENJELANG KTT G20 HANGZHOU 2016: PELUANG DAN TANTANGAN INKLUSIVITAS PERTUMBUHAN GLOBAL BAGI PEMBANGUNAN NASIONAL DAN DAERAH”
Posted by Admin FE on 16th August 2016
| 923 views

KTT-G20Pada Kamis, 11 Agustus 2016, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram bekerja sama dengan Kementrian Luar Negeri – Direktorat Pembangunan, Ekonomi, Dan Lingkungan Hidup Direktorat Jenderal Multilateral menyelenggarakan sosialisasi dengan tema “Menjelang KTT G20 Hangzhou 2016: Peluang dan Tantangan Inklusivitas Pertumbuhan Global Bagi Pembangunan Nasional dan Daerah. Bertempat di Ruang Sidang Utama Program Magister Manajemen Universitas Mataram, sosialisasi ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Dr. Muaidy Yasin, MS, Rektor Universitas Mataram yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Bapak Prof. Ir. Soewardji, Mapp. Sc, Ph.D. serta Dirjen Multilateral Kementrian Luar Negeri yang diwakili Bapak Toferry Primanda Soetikno, Direktur Pembangunan Ekonomi dan LIngkungan Hidup Kementrian Luar Negeri.

G20 adalah forum utama kerjasama ekonomi internasional.  Forum ini menyatukan para pemimpin ekonomi utama dunia untuk bersama menghadapi tantangan ekonomi terbesar. G20 juga disebut memiliki kemampuan untuk membuat tindakan tegas, yang dapat membuat perbedaan nyata dan positif bagi masyarakat. Secara kolektif, G20 terdiri dari negara-negara yang menjadi rumah bagi dua pertiga penduduk dunia, melibatkan 80 persen total perdagangan dunia. Di tingkat teroritis, kebijakan yang dibuat pada G20 jelas akan memberi dampak yang signifikan.

KTT-G20-1Acara sosialisasi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama disi oleh tiga narasumber yaitu Bapak Toferry P. Sutikno dari Kemlu, Bapak Rizal Edwin Manansang dari Kemenko Perekonomian, dan Ibu Teni Widurianti dari Kementrian PPN/Bappenas. Paparan materi pada sesi pertama ini dipandu oleh Bapak Dr. Akhmad Djufri MP sebagai moderator. Materi yang diberikan antara lain mengenai peran Indonesia pada G20 dan membumikan G20 di Indonesia, kemudian peran G20 dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan global, serta peluang dan tantangan inklusivitas pertumbuhan global bagi pembangunan nasional dan daerah. Sesi kedua disi oleh pemateri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram yang diwakili oleh Dr. Wahyunadi M.Si dan Bapak Alfian Hidayat, SIP, MA. Para narasumber di sesi kedua ini membahas mengenai penguatan diplomasi ekonomi Indonesia pada forum G20 serta manfaat keikutsertaan Indonesia pada G20 dalam menunjang pembangunan nasional dan daerah.

Sosialisasi ini dilanjutkan dengan diskusi bersama para peserta dan ditutup dengan makan siang bersama dengan para narasumber. Tentunya diharapkan melalui sosialisasi ini para civitas akademika dapat memperoleh pemahaman dan wawasan mengenai isu-isu penting terkini yang menjadi agenda KTT G20 Hangzhou 2016.