Workshop Pengembangan Buku Ajar Bagi Dosen FEB

Pengumuman Orientasi Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unram
11 August, 2016
Sosialisasi Menjelang KTT G20 Hangzhou 2016
16 August, 2016

Workshop Pengembangan Buku Ajar Bagi Dosen FEB

workshop-feb-unram-6Pada Rabu, 3 Agustus 2016, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram menyelenggarakan Workshop Pengembangan Buku Ajar bertempat di Ruang Sidang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Workshop ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Dr. Muaidy Yasin, MS dan diikuti oleh perwakilan dosen ketiga jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram.

Buku ajar sangat penting bagi dosen karena memuat materi perkuliahan yang tersusun secara sistimatis, dan digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta pelatihan dapat mengiplementasikan ilmu yang diperoleh karena akan berdampak positif pada diri sendiri sebagai dosen dan institusi. Penulisan dan penyusunan buku ajar yang baik dan benar akan memberi manfaat yang besar dalam mentranfer ilmu kepada para mahasiswa, dan proses belajar mengajar semakin profesional. Kewajiban dosen menulis dan memprodusi buku ajar itu diatur Undang-undang (UU), antara lain UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi dan UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, serta sejumlah regulasi yang dikeluarkan Kemenristek dan Dikti.

workshop-feb-unram-5Hadir sebagai narasumber adalah Drs. H. Mumbrita Sulaimi, M.Pd., Drs. M. Ismail, M.Pd, Dr. Zulfikar Syuaib, M.Si., Ir. Herman Suheri, M.Sc., Ph.D, Drs. I Made Sujana, MA. & Dr. I Wayan Karta, M.S. dari FKIP Universitas Mataram. Workshop ini berlangsung selama 3 hari, dimana dua hari pertama diisi dengan pemaparan materi dari narasumber. Materi disajikan dalam bentuk diskusi yang menarik hingga menghasilkan impresi yang tinggi pula dari peserta workshop. Materi yang diberikan antara lain seperti prinsip-prinsip penulisan buku ajar, pemilihan materi buku ajar, komponen dan sistematika buku ajar, pembuatan lay-out dan ilustrasi, penilaian dalam buku ajar hingga sisi kebahasaan dalam penulisan buku ajar.  Pada hari ketiga workshop, peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan draft buku ajarnya dalam tiga kelompok yang didampingi oleh masing-masing dua narasumber. Peserta diharapkan menyerahkan buku ajar sesuai dengan pembagian tugas dari masing-masing jurusan sebagai luaran akhir workshop ini.

workshop-feb-unram-4workshop-feb-unram-3 workshop-feb-unram-2 workshop-feb-unram-1

Bahan Workshop Buku Ajar FEB Universitas Mataram dapat diunduh :

Bahasa dalam Bahan Ajar Made Sujana.ppt

STANDAR PENILAIAN PEMBELAJARAN.pptx

Zulfikar_LAYOUT BUKU AJAR 2016.pptx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *