ASEAN YOUTEX 2016

BEM FEB MENGINSPIRASI !
10 March, 2016
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Cendikia Fair di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur
22 April, 2016

ASEAN YOUTEX 2016

youtex_2016Mahasiswa UNRAM asal Sumbawa menjadi Terbaik dalam ajang ASEAN YOUTEX 2016 di  Malaysia dan Singapura.

Ardiansyah, atau mahasiswa yang akrab dipanggil Emen ini merupakan mahasiswa S1 JurusanAkuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. Emen merupakan salah satu mahasiswa asal Sumbawa Besar yang berkesempatan berkuliah Gratis dengan beasiswa dari DirjenPendidikan Tinggi yaitu Beasiswa Bidikmisi.

Dalam kesehariannya emen adalah salah satu mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan di kampusnya. karena hobi nya yang begitu senang mengikuti organisasi kemahasiswaan maka hal tersebut kerap mengantarkannya untuk menjadi mahasiswa Pilihan untuk mewakili Universitas Mataram dalam beberapa undangan kegiatan kemahasiswaan tingkat Nasional.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 21-24 Januari 2016, dia baru saja mewakili Universitas Mataram bahkan Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti kegiatan ASEAN Youth Excursion yang dilaksanakan oleh Indonesian Youth Leaders Alliance di Malaysia dan Singapura. dengan tema BE THE FUTURE LEADERS FROM INDONESIA TO ASEAN. Untuk dapat mengikuti kegiatan ini, tidak sembarang mahasiswa yang dipilih oleh panitia, karena sebelumnya panitia juga melakukan beberapa rangkaian seleksi berkas, seperti Identitas Diri, Track Record Organisasi, Pengalaman Pengabdian serta kemampuan Entrepreneurship dan leadership yang mumpuni.

Kegiatan ASEAN Youth Excursion 2016 ini diikuti oleh berbagai kampus besar di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor dan kampus besar lainnya di Indonesia dan beruntunganya, emen adalah satu satu nya mahasiswa Universitas Mataram yang mewakili Univ. Mataram dan NTB.

Dalam kegiatan ASEAN Youtex 2016 ini para peserta diharapkan mampu meningkatkan Critical Thinking dan mengembangkan ide ide kreatif yang dimilikinya. rangkaian kegiatannya pun beragam, seperti : Market Research di pusat kota Kuala Lumpur, Teamwork and teambuilding games, Cultural Performance, Company Visit, Networking night dan berakhir dengan diskusi paralel yang dilaksanakan di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia.

dalam beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Malaysia, emen selalu tampil dominan dibandingkan dengan yang lainnya. semua itu terlihat ketika kunjungan di perusahaan teknologi Malaysia yaitu Malaysian Global Innovation and Creativity Centre dan ketika Gala Dinner Networking Night. Dalam pembukaan Gala Dinner, Mahasiswa yang tahun lalu juga pernah berkunjung ke Thailand untuk kegiata  kemahasiswaan ini juga menampilkan Kebudayaan Asli Sumbawa yaitu NGUMANG lengkap dengan pakaian adat yang dibawa dari NTB.

dalam penampilan yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia, Pengusaha Travel Malaysia, Perwakilan kementdrian kebudayaan Thailand dan Perkumpulan Pelajar Indonesia di Malaysia ini Emen pun tak lupa mengartikan Bahasa Sumbawa yang digunakannya ke dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk memudahkan para audience untuk memahami apa yang diucapkannya. “Penampilan malam itu banyak membuat audience terkagum kagum, karena seperti yang kita ketahui Ngumang dalam penampilannya selalu memanfaatkan penampilan yang energik” ungkap Emen.

Tidak terhenti di Malaysia, Emen kembali menunjukkan kemampuannya ketika kegiatan berpindah ke Singapura. di Singapura, mahasiswa yang sempat ditahan selama 30 menit di Imigrasi  Singapura ini begitu gencar mempromosikan Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat. dalam kunjungannya ke Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia untum Singapura, ia sempat memberikan bingkisan berupa plakat dari kerang asli lombok yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB padanya sebelum berangkat. seb

Comments are closed.